Fakta Tentang Burung Parkit Moustached Dan Cara Perawatan Dalam Memeliharanya

pemeliharaan dan perawatan burung parkit moustached
pemeliharaan dan perawatan burung parkit moustached

Seekor burung beo yang cantik, Parakeet kumis diberi nama untuk bulu khas di atas paruh yang terlihat seperti kumis terawat. Burung ini membuat hewan peliharaan yang besar dan memiliki manis, keluar kepribadian bahwa pecinta burung menikmati. Jika Anda sedang mencari burung beo kecil yang rentan untuk berbicara dan bertengger di bahu Anda, itu pasti sebuah spesies untuk dipertimbangkan.

Nama umum : Parakeet moustached, parkit kumis, Parakeet Jawa, parkit dada merah

Nama ilmiah : Psittacula alexandri

Asal usul dan sejarah

Yang ASI kumis Parakeet memiliki rentang yang sangat luas di Asia Tenggara. Spesies ini berasal dari Tiongkok dan Kepulauan Indonesia, di mana sejumlah subspesies dapat ditemukan. Populasi liar menyebar ke banyak daerah lain, termasuk di dekat kota. Penurunan habitat alami juga menyebabkan kawanan ternak menjadi penghuni perkotaan.

Di alam liar, spesies ini cenderung hidup di hutan, perbukitan, dan pegunungan dan berkumpul dalam kawanan hingga 60 burung. Kelompok ini bisa menjadi sangat keras, jadi tidak sulit untuk melewatkannya. Hal ini terutama berlaku ketika pendekatan bahaya karena mereka memiliki panggilan peringatan jelas.

Selama musim kawin, sepasang domba akan meninggalkan kawanan. Mereka akan menemukan sebuah rongga pohon untuk menelepon ke rumah sampai anak ayam mereka matang.

Ukuran

Parakeet moustached adalah burung berukuran sedang. Panjangnya antara 13 sampai 15 inci dari paruh ke ujung bulu ekor. Mereka tidak memiliki ekor panjang karakteristik banyak burung beo. Sebaliknya, biasanya sama panjangnya dengan tubuh. Seperti banyak parkit Asiaticlainnya, mereka memiliki membangun agak ramping dalam kaitannya dengan panjangnya.
Rata umur

Laporan menunjukkan bahwa dalam penawanan, Parakeet ASI kumis hidup rata-rata 25 tahun dengan perawatan yang tepat. Tentu saja, burung individu mungkin memiliki sedikit lebih lama atau lebih pendek lifespans karena genetik dan variabel lingkungan.

Temperamen

Parakeet moustached dapat membuat hewan peliharaan sangat manis ketika tangan-makan sebagai bayi dan benar disosialisasikan. Mereka aktif, makhluk sosial yang suka menghabiskan waktu bermain game dengan pemiliknya.

Beberapa pemilik dari ASI kumis parkit melaporkan bahwa burung mereka cenderung bertindak bossy atau membutuhkan. Mereka akan meminta perhatian pemilik jika mereka merasa bahwa mereka sedang diabaikan. Namun, mereka cenderung lebih rileks daripada Parakeet ringneck India yang ramai.

Parakeet moustached tidak cenderung menikmati banyak memeluk, meskipun beberapa petting dekat leher disambut pada kesempatan. Perilaku ini dapat berubah seiring waktu jika burung sering ditangani dan lembut.

Seperti spesies Asiatic lainnya, mereka juga menjalani periode perilaku menggertak selama masa remaja mereka. Karena ini dan kebutuhan mereka untuk ekstra perhatian, mereka mungkin tidak menjadi yang terbaik “pemula” spesies burung, meskipun beberapa birders percaya sebaliknya.

Ciri dan Warna Parkit Moustached

Parakeet moustached menampilkan pelangi warna di bulu yang indah. Punggung dan sayap mereka bervariasi dengan warna hijau dan kuning cemerlang dan mereka memiliki bulu ekor biru kehijauan yang indah. Mereka memiliki kepala bubuk-biru dengan karakteristik “kumis” strip hitam di atas dan di bawah paruh mereka. Payudara yang berwarna mawar memudar menjadi warna biru kehijauan di kaki dan perut.

Ini adalah spesies dimorfik sehingga relatif mudah untuk memberitahu laki-laki dan perempuan terpisah. Sementara jantan memiliki payudara merah muda yang lebih cerah, cara termudah untuk membedakan jenis kelamin adalah dengan melihat paruh. Jantan akan memiliki mandibula atas oranye cerah dengan ujung kuning. Betina memiliki paruh yang merupakan warna abu gelap atau bahkan hitam. Keduanya memiliki kulit kelabu pada kaki mereka.

Beberapa mutasi warna muncul dari waktu ke waktu. Anda mungkin melihat burung ini dengan warna biru atau pirus.

Merawat Parkit Moustached

Sebagai hewan peliharaan, Parakeet kumis tidak umum seperti beberapa spesies lain, meskipun mereka menjadi lebih populer. Mereka sering hanya tersedia melalui peternak khusus.

Selain keindahan mereka, parkit ini adalah hewan peliharaan yang sangat interaktif yang suka menghabiskan waktu dengan orang favorit mereka. Dikenal sebagai pembicara yang sangat baik (terutama jantan), burung ini akan membalas pemilik mereka dengan banyak tahun persahabatan lucu jika dirawat dengan benar.

Sementara semua burung beo akan membuat sejumlah kebisingan, Parakeet ASI kumis telah digambarkan sebagai salah satu spesies yang lebih tenang dalam hal menjerit dan squawking. Banyak pemilik melaporkan bahwa burung akan lebih suka bicara atau peluit menyenangkan daripada di bawah telinga menusuk jeritan yang hookbills begitu terkenal. Untuk alasan ini, sebuah mulut penuh ASI kumis mungkin merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang menginginkan burung beo tetapi lebih suka burung yang lebih tenang.

Burung ini sangat penasaran dan akan selalu ingin tahu apa yang Anda lakukan. Mereka adalah penjelajah juga. Jika dibiarkan tanpa pengawasan di luar kandang mereka, mereka mungkin akan berakhir di bagian rumah Anda yang tidak Anda inginkan. Yang terbaik untuk memiliki bertengger di dekatnya dan membawa burung kembali ke sana setiap kali ia tersesat. Mereka juga menikmati bertengger di bahu sehingga mereka dapat menjadi bagian dari tindakan.

Sedangkan Parkit ASI kumis sangat cerdas dan sangat trainable, beberapa pemilik melaporkan masalah agresi. Ini terutama pada burung yang belum benar disosialisasikan kepada semua anggota keluarga manusia mereka. Moustached parkit tampaknya memiliki kecenderungan untuk memilih orang favorit dan ikatan kuat dengan mereka sementara bertindak keluar terhadap orang lain dan hewan peliharaan.

Jika Anda tertarik untuk menjaga hewan peliharaan keluarga, yang ASI kumis Parakeet mungkin bukan pilihan terbaik. Namun, jika Anda adalah orang tunggal atau berniat untuk menjadi satu-satunya pengurus burung, maka itu bisa sangat baik menjadi pendamping yang paling setia yang pernah Anda miliki.

Karena setiap pemilik burung potensial harus, melakukan banyak penelitian pada spesies ini sebelum memutuskan untuk membawa satu rumah. Hubungi peternak lokal dan kunjungi dengan burung mereka untuk mendapatkan nuansa kepribadian mereka. Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang bagaimana rasanya hidup dengan Parakeet kumis.

Menyusui Parkit Moustached

Seperti semua beo, adalah penting untuk pakan hewan peliharaan bermulut manis parkit diet yang bervariasi yang mencakup berkualitas tinggi komersial pelet formula dan biji campuran, serta berbagai makanan segar. Parakeet moustached dikenal sebagai pemakan yang baik. Mereka cenderung kurang rewel dari burung lain tentang jenis buah-buahan dan sayuran mereka bersedia untuk mencoba.

Latihan

Parakeet moustached burung sangat aktif, baik di alam liar dan di penangkaran. Sangat penting bahwa pemilik mereka menyediakan mereka dengan banyak ruang untuk memanjat, ayunan, dan bermain baik di dalam maupun di luar kandang mereka.

Dianjurkan bahwa parkit ASI kumis menerima minimal empat jam bermain diawasi di luar kandang mereka per hari, di tempat yang aman, “burung-proofed” daerah. Karena persyaratan ini, mereka mungkin tidak membuat hewan peliharaan terbaik bagi seseorang yang memiliki sangat sedikit waktu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka.

Mainan sangat penting untuk menjaga Parakeet ini bahagia dan keluar dari masalah. Pastikan untuk memberikan burung Anda kandang besar dengan banyak tangga, ayunan, dan hal yang harus mengunyah. Setiap mainan yang terbuat dari kayu, kulit, atau manik akan sangat dihargai dan memberikan stimulasi yang diperlukan.