Fakta Tentang Burung Kenari Yang Harus Kalian Ketahui Dan Cara Merawatnya

fakta tentang burung kenari yang harus di ketahui
fakta tentang burung kenari yang harus di ketahui

Sebuah kenari adalah burung peliharaan pertama banyak orang sendiri, dan banyak dari pemilik ini menjadi penggemar kenari seumur hidup. Finch kecil ini adalah burung pendamping yang sangat menyenangkan yang keceriaan disampaikan dengan lagu merdu yang jauh lebih lembut dan lebih menyenangkan daripada banyak burung yang lebih besar. Kenari telah diketuai dengan seksama akan tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, dan bahkan variasi lagu yang tersedia. Canaries adalah burung murah yang dapat dibeli di hampir semua toko hewan peliharaan. Ini sedikit mungil Charmer adalah burung starter yang sangat baik untuk pemula.

Nama umum : Canary juga kadang dikenal sebagai kenari domestik, untuk membedakan burung peliharaan selektif yang dibesarkan dari spesies liar.

Nama ilmiah : Nama taksonomi untuk kenari adalah Serinus Canaria forma Domestica.

Asal usul dan sejarah

Kenari liar adalah Finch kecil yang berasal dari Kepulauan Macronesian di Azores, Medeira, dan Kepulauan Canary. Burung ini pertama kali dibawa ke Eropa oleh pelaut Spanyol setelah penaklukan Kepulauan Macronesian pada tahun 1478 dan telah dibesarkan di penangkaran sejak abad ke-17. Burung kenari yang dijual di toko hewan peliharaan sekarang secara genetis sangat berbeda dari burung-burung liar asli yang nenek moyang mereka.

Anjing peliharaan umumnya jatuh ke dalam salah satu dari tiga kelompok sesuai dengan bagaimana mereka dibesarkan:

  • Kenari dibesarkan untuk warna.
  • Kenari dibesarkan untuk berbagai bentuk dan ukuran.
  • Kenari dibesarkan untuk pola lagu mereka yang unik.

Kenari siap Cross-Breed dengan spesies lain dari finches, dan burung kenari yang unik terkadang diproduksi melalui hibridisasi ini. Misalnya, burung kenari merah dicapai dengan pembibitan burung kenari domestik dengan siskins merah, sebuah Finch Amerika Selatan.

Ukuran

Kenari datang dalam berbagai ukuran, dengan orang dewasa berkisar dari 4 3/4 sampai 8 inci dari paruh ke ujung tailfeathers. Berat rata-rata burung dewasa adalah 7 Ounce.

Rerata umur

Ketika disimpan sebagai hewan peliharaan, burung kenari biasanya hidup 10 sampai 15 tahun, tetapi rata-rata adalah lima sampai enam tahun.

Temperamen

Kenari menikmati perusahaan visual orang, tapi ini bukan burung yang suka ditangani dengan cara yang Budgies dan beo menikmatinya. Kenari adalah burung yang relatif soliter, meskipun tidak baik di lingkungan kandang dengan burung kecil lainnya. Jangan rumah dua burung kenari bersama-sama dalam satu kandang, karena mereka mungkin akan bertarung. Burung ini akan berbuat baik ketika ditempatkan sendirian di kandang.
Kenari warna dan tanda

Kenari liar berwarna kuning kehijauan di atas sebagian besar tubuh mereka dengan underparts kuning. Kenari domestik telah secara selektif dibesarkan untuk menghasilkan berbagai warna cerah termasuk oranye, putih, merah, dan kuning. Kuning adalah warna yang paling umum untuk kenari domestik.

Merawat Kenari

Kebanyakan toko hewan peliharaan menjual burung kenari, meskipun Anda mungkin perlu mencari peternak untuk varietas yang lebih unik. It’s Worth menghubungi organisasi penyelamat dan adopsi masyarakat untuk melihat apakah burung kenari yang tersedia, meskipun hal ini mudah-untuk-perawatan-unggas tidak sering menyerah untuk adopsi.

Burung kenari sering dibeli karena kemampuan menyanyi mereka, tetapi perlu diketahui bahwa hanya jantan yang memiliki lagu merdu. Ingatlah bahwa burung kenari tidak bernyanyi sama sekali selama molt.

Seekor kenari tunggal akan baik dalam kandang yang sekitar 20 inci lebar dan 24 inci panjang. Burung ini perlu terbang, jadi jika mungkin, beri mereka kandang yang lebih panjang dari lebar untuk menyediakan ruang terbang yang mereka butuhkan. Bar harus jarak cukup dekat bersama-sama (tidak lebih dari 1/2 inci) untuk mencegah burung dari mendapatkan kepalanya terjebak. Kandang kawat akan lebih mudah dibersihkan dari kandang kayu.

Seekor kenari hewan peliharaan seharusnya tidak pernah memiliki sayap yang terpotong karena perlu terbang untuk latihan.

Perches kayu dari diameter bervariasi (3/8 sampai 3/4 inci) harus ditempatkan di sekitar kandang untuk menyediakan tempat untuk kenari Anda untuk beristirahat dan latihan kakinya. Beberapa pemelihara kenari mengubah perches bulat halus dengan menggores mereka dengan pisau gergaji atau pisau utilitas, hanya cukup untuk membuat permukaan sedikit tidak teratur. Hal ini membuat bertengger lebih mudah untuk mencengkeram, dan berbagai akan menjaga kaki burung Anda lentur. Jangan gunakan penutup perch amplas, karena dapat menyebabkan bahaya pada kaki kenari Anda.

Burung kenari yang cukup Hardy burung yang dapat disimpan pada suhu kamar, tapi pastikan untuk menjaga kandang dari draft, AC, dan jendela yang menerima sinar matahari langsung (kandang dan kenari bisa menjadi terlalu panas). Tutup kandang di malam hari-burung kenari membutuhkan istirahat mereka dan akan melakukan yang terbaik jika diberi siklus terang/gelap yang mendekati kondisi alam. Menjaga mereka terlambat dengan cahaya buatan tidak sehat untuk burung kenari dan akan menyebabkan mereka menjadi stres.

Sediakan kenari Anda dengan mainan, tapi pastikan untuk menempatkan mereka dalam kandang sedemikian rupa sehingga mereka tidak menghalangi ruang penerbangan. Canary Anda mungkin menikmati ayunan, cermin, lonceng, dan menggantung mainan kayu atau akrilik.

Sangat penting bahwa kenari Anda memiliki air segar setiap saat. Bahkan sehari tanpa air bisa membunuh kenari. Selain pasokan air biasa, sebuah piring dangkal air atau mandi khusus dibeli di toko hewan peliharaan harus diberikan setidaknya tiga atau empat kali seminggu untuk mandi.

Memberi makan Kenari

Di alam liar, anjing hijauan untuk bibit dilengkapi dengan sesekali serangga, dan burung kenari domestik harus diberi makan yang agak mirip Diet. Campuran benih berkualitas baik (dilapisi dengan vitamin) yang dirancang untuk burung kenari dapat menjadi andalan dari diet Canary Anda. Pastikan Anda menghapus biji poros (atau hulls) dari bibit dimakan sehari-hari sehingga kenari Anda memiliki akses ke makanannya. Diet pelleted cocok untuk kenari dapat ditawarkan juga, tetapi ini tidak seenak sebagai biji. Banyak pemilik menyimpan sepiring pelet di kandang bersama dengan sepiring biji.

Pakan Anda Kenari suplemen harian sayuran hijau seperti Kale, brokoli, Dandelion, bayam, seledri, kacang polong, dan selada air. Secara teratur menawarkan burung Anda sejumlah kecil buah, seperti apel, jeruk, anggur, pisang, dan Melon. Bit telur rebus dapat sesekali ditawarkan sebagai suplemen protein.

Latihan

Kenari perlu bergerak di sekitar. Minimalkan kekacauan dalam kandangnya untuk memberikan ruang untuk membalik tentang dari bertengger untuk perch. Tidak seperti burung mengunyah, seekor kenari halus hanya dengan satu mainan, cermin, atau cabang di kandangnya, di samping perches nya. Sebuah birdbath di kandang juga akan memberikan latihan untuk burung seperti percikan tentang.

Masalah kesehatan umum

Kenari adalah burung Hardy, dan masalah kesehatan langka yang terjadi biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk, kandang yang kotor, atau draft. Burung sakit dapat menurunkan berat badan dan mati dengan sangat cepat, sehingga terlihat bantuan dari seorang dokter hewan unggas cepat jika burung berkembang kaki bersisik, diare, atau sembelit.

Kenari sangat sensitif terhadap kualitas udara, jadi jangan Merokok di sekitar mereka atau menjaga mereka di kamar di mana ada uap atau asap memasak dari pelarut.