Fakta Tentang Burung Java Finch (Burung Pipit Jawa) Yang Harus Kamu Ketahui

fakta tentang burung java finch (Burung Pipit jawa)
fakta tentang burung java finch (Burung Pipit jawa)

Kecil, indah, dan tenang, Jawa Finch yang menggemaskan telah populer sebagai kandang dan burung Aviary selama bertahun-tahun. Burung ini membutuhkan “Hands-off” pendekatan untuk kepemilikan burung, itulah sebabnya mereka sering dipuji sebagai pilihan yang indah bagi pemilik burung muda dan lebih tua yang menginginkan burung yang mudah untuk merawat.

Java Finch memiliki vokalisasi yang sangat menenangkan dengan lagu chip -chip- chip tanda tangan, dan mereka terbaik disimpan berpasangan atau dengan burung lain. Mereka yang elegan di kandang manuver penerbangan membantu menempatkan mereka di antara burung kecil yang paling menarik untuk menjaga dan mengamati.

Nama umum : Java Finch, Java Rice Finch, burung pipit Jawa, burung Candi Jawa,
Nama ilmiah : Dan ini adalah (Beberapa ilmuwan menempatkan Java Finch dan burung pipit Timor dalam genus terpisah, Padda, sehingga Finch dapat dilihat di bawah nama ilmiah Padda oryzivora.)

Asal usul dan sejarah

Sesuai dengan namanya, Java Finch berasal dari kepulauan Indonesia, termasuk Jawa, Bali, dan Badisis. Namun, mereka telah diperkenalkan ke daerah lain, sehingga burung dapat ditemukan di Sri Lanka, Hawaii, Jamaika, dan Puerto Rico. Di Jawa, Jawa Finch adalah spesies yang rentan.

Ini Finch Asiatic biasanya tinggal di kawanan besar di padang rumput dan savana. Burung juga telah menemukan cinta untuk bidang budidaya, terutama mereka yang tumbuh beras. Di banyak pulau asalnya, spesies ini dipandang sebagai hama. Beberapa daerah di mana mereka tidak pribumi juga melarang menjaga burung sebagai hewan peliharaan dari rasa takut untuk pertanian lokal jika populasi liar memang timbul.

Ukuran

Java Kutilang adalah burung kecil, rata-rata hanya 5 sampai 6 inci panjangnya dari paruh ke ujung bulu ekor. Karena ukurannya yang kompak, mereka telah menjadi burung peliharaan yang sangat populer di antara mereka yang memiliki ruang terbatas dan tidak dapat rumah spesies burung yang lebih besar.

Rerata umur

Ketika dirawat dengan baik di penangkaran, Java Kutilang telah dikenal untuk hidup hingga 10 tahun. Namun secara rata, mereka cenderung hidup kurang dari 5 tahun. Beberapa individu telah dilaporkan untuk hidup ke akhir remaja mereka.

Temperamen

Java Kutilang adalah burung kecil sosial, tetapi sering terlalu pemalu untuk interaksi manusia langsung. Beberapa pemilik hewan telah melaporkan keberhasilan dalam ikatan dengan Finch mereka, meskipun. Biasanya, mereka berkembang dalam pasangan atau kawanan kecil disimpan dalam kandang penerbangan.

Jika Anda berpikir untuk mengadopsi Java Finch, maka Anda mungkin juga mempersiapkan diri untuk mengambil dalam setidaknya dua atau tiga. Burung ini tidak boleh disimpan sebagai hewan peliharaan Solo dan akan menjadi sangat tertekan tanpa Finch lain untuk menjaga mereka perusahaan.

Selain itu, burung ini tenang, pasif, dan non-agresif. Mereka dapat disimpan dengan lainnya finches, baik besar maupun kecil, tanpa masalah. Sepasang Javas bisa menjadi tambahan yang bagus untuk berbagai Aviary. Satu-satunya waktu mereka menunjukkan agresi biasanya antara dua pria Javas, dan bahkan yang minimal.

Warna dan penandaan Java Finch

Pewarna alami dari Java Finch mencakup punggung abu-abu dan bulu hitam dan ekor. Mereka memiliki payudara berwarna keabu-abuan-kayu manis dan perut, dan bercak putih besar di pipi mereka. Beberapa orang mengatakan mereka mengingatkan mereka tentang penguin kecil.

Karakteristik lain yang membedakan dari Java Finch adalah cincin oranye tipis di sekitar mata mereka. Mereka juga memiliki paruh oranye kemerahan cerah dan kulit oranye cerah di kaki dan kaki mereka.

Baik jantan dan betina dari spesies tersebut menampilkan pewarnaan yang sama pada bulu mereka. Ada beberapa cara untuk memberitahu jenis kelamin terpisah, meskipun itu tidak mudah tanpa sisi-by-side perbandingan. Sebagai contoh, jantan memiliki mata yang lebih gelap dan sedikit lebih lebar, paruh yang tidak tepat yang membengkak di bagian atas selama musim kawin.

Cara terbaik untuk seks ini Kutilang adalah untuk mencari tahu siapa yang bernyanyi. Sementara betina melakukan panggilan, hanya jantan yang sebenarnya bernyanyi. Ini mungkin membutuhkan waktu yang lama pria untuk menyanyi, meskipun beberapa birders mengatakan bahwa setelah seminggu isolasi, sebagian besar akan. Ini juga bisa sulit jika Anda menyimpan sekelompok finches, tetapi dapat dilakukan dengan perhatian yang cermat dan banding.

Berbagai warna mutasi Jawa Kutilang juga tersedia dalam perdagangan hewan peliharaan. Ini termasuk Pied Javas, Agate Javas, Black-headed Javas, kayu manis atau coklat muda, krim Javas, Dark Silver dan perak terang Javas, dan Javas putih.

Merawat Java finches

Jika Anda tertarik untuk menjaga Java Kutilang sebagai hewan peliharaan, penting untuk melakukan penelitian sebanyak mungkin dan mempelajari semua yang Anda dapat tentang burung kecil ini. Mereka dikenal sebagai spesies yang sangat kuat dan jarang jatuh sakit jika dirawat dengan baik. Namun, selalu lebih baik untuk mengetahui terlalu banyak tentang merawat mereka daripada terlalu sedikit.

Sebelum membawa pulang sepasang atau kawanan kecil, berbicara dengan peternak lokal dan mengumpulkan tips tentang cara untuk memberikan lingkungan rumah terbaik bagi mereka. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan masyarakat avikultur lokal atau klub burung, sehingga Anda dapat belajar dari pengalaman anggota lain.

Kandang yang diperlukan untuk Java Kutilang harus cukup besar untuk memungkinkan penerbangan dan akan bervariasi berdasarkan berapa banyak burung Anda memutuskan untuk menjaga. Umumnya, kandang tinggi sekitar 7-kaki tinggi akan memberi mereka banyak ruang.

Kotak bersarang tidak diperlukan kecuali jika Anda ingin berkembang biak burung. Menyediakan banyak perches, tangga, ayunan, dan mainan untuk membuat mereka bahagia. Mereka juga menikmati mandi, jadi sepiring air untuk tujuan ini akan sangat dihargai.

Java Kutilang adalah peternak produktif dan akan melakukannya sepanjang tahun kecuali bila terlalu panas atau terlalu dingin. Jika Anda ingin menyimpan non-pembibitan Aviary, yang terbaik adalah untuk mendapatkan pasangan yang sama-seks. Sebagai alternatif, Finch Aviary merekomendasikan menghapus kotak bersarang atau telur yang diletakkan. Untuk memastikan perempuan Anda tidak membahayakan kesehatannya dengan terus menerus menggantikan “hilang” telur, Anda dapat menggunakan telur palsu sebagai decoys.

Pakan Jawa finches

Meskipun burung ini menjadi terkenal karena makan nasi di alam liar, tawanan Jawa yang lebih memilih untuk makan yang baik, kualitas tinggi benih Mix. Banyak pemilik Java Finch melaporkan keberhasilan makan campuran mereka yang diformulasikan untuk parkit daripada finches. Mereka akan memilih benih apapun yang tidak mereka inginkan dan meninggalkan kekacauan yang cukup besar, jadi penting untuk menyesuaikan makanan dengan apa yang akan mereka makan.

Untuk gizi seimbang, diet mereka harus dilengkapi dengan item seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan cincang halus, segar burung-buah aman dan sayuran. Burung Anda juga akan menikmati telur yang hancur atau kerang tiram, yang menyediakan kalsium ekstra. Kebanyakan Javas tidak menyukai cuttlebones.

Latihan

Seperti semua spesies Finch, ini adalah burung kecil yang sangat aktif yang tampaknya memiliki jumlah energi yang tak ada habisnya. Karena ini, dan karena mereka tidak mentolerir penanganan manusia, mereka harus dilengkapi dengan kandang penerbangan yang tinggi, sehingga mereka memiliki ruang untuk terbang, bermain, memanjat, melompat, dan latihan.

Burung ini membuat hewan peliharaan ideal bagi orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk ikatan dan berinteraksi dengan burung beo atau burung lain karena tidak ada permainan kandang dari waktu yang diperlukan untuk mereka. Selama burung lain dan banyak kegiatan yang disediakan, mereka hebat di menghibur diri.

Lebih banyak spesies PET Bird dan penelitian lebih lanjut

Jika Anda tertarik dengan spesies sejenis, bacalah:

  • Profil spesies gouldian Finch
  • Profil spesies Zebra Finch
  • Profil spesies Canary